Judul Buku: KONSEP SEKOLAH INKLUSIF Pemahaman dan Pengembangan
Penulis: Dr. Nurhayati, S.Ag, M.Pd.I., Dr. Hj. Durrotunnisa, S.Ag, M.Si., Dr. Waway Qodratulloh S, S.Pd., M.Ag., Dr. Hj. Sriati Usman, M.Hum., Dr. Ferdinan S.Pd., M.Pd.I., Amrullah, S.Pd, M.Pd., Sita Awalunnisa, S.Pd, M.Pd
Editor: Waway Qodratulloh
Layout & Desain: Tim Lekkas
Sinopsis:
Keragaman siswa selalu memiliki pola tertentu dan akan dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman mereka sebelumnya. Keragaman tersebut juga dibentuk oleh budaya dan lingkungan sekitar, selain dari pembawaan dari masing-masing individu siswa itu sendiri, sehingga seorang guru harus memiliki kemampuan dalam menyusun program pembelajaran yang dapat mengakomodir keragaman yang ada. Dimulai dari membuat perencanaan, mengaplikasikan dalam Tindakan, dan melakukan evaluasi dan refleksi sebagai tindak keberlanjutan.
Guru juga harus selalu open minded (berpikiran terbuka) terhadap hal-hal baru dan siap untuk membuat perubahan, beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan baru yang selalu berkembang setiap saat. Hal ini dimaksudkan supaya guru tidak tertinggal oleh capaian dan kemajuan yang dialami oleh siswa nya sebagai generasi Z yang adaptable dengan teknologi dan informasi.