Judul Buku: MEDIA SOSIAL & OTORITAS KEAGAMAAN PERTAHANAN OTORITAS KEAGAMAAN ORMAS ISLAM INDONESIA DI RANAH DIGITAL
Penulis: Dr. Moch. Fakhruroji, M.Ag., & Acep Muslim, MGMC
Editor: Kelik N Widiyanto
Layout Isi: Tim Lekkas
Desain Cover: Shofian
Ukuran: 15,5 x 23 cm
Jumlah Halaman: xxii+114

Sinopsis: Sangat penting untuk kembali mengingat konteks kemunculan NU sebagai sebagai respon atas ancaman’ dari ulama reformis yang tergabung dalam organisasi Muhammadiyah. Seperti yang akan disajikan dalam bagian-bagian berikutnya, kontestasi otoritas agama di Indonesia seakan berulang dengan beberapa kemiripan dengan apa yang terjadi seabad lalu, dengan beberapa aktor yang sama dan aktor baru, namun posisi kedua aktor yang sama ini telah berubah, yakni sebagai pihak yang sama-sama dalam posisiterancam’ oleh aktor-aktor baru yang lahir di Internet. Penting pula dicatat bahwa Muhammadiyah, sebagai organisasi yang awalnya mengkritik otoritas ulama tradisional, saat ini cenderung menghindari perdebatan seputar praktik keagamaan kalangan tradisional. Muhammadiyah justru sekarang menjadi pihak yang turut mendapatkan ancaman dari aktor-aktor reformis baru yang bermunculan di media sosial.

Buku “MEDIA SOSIAL & OTORITAS KEAGAMAAN PERTAHANAN OTORITAS KEAGAMAAN ORMAS ISLAM INDONESIA DI RANAH DIGITAL”

Tinggalkan Balasan

Hubungi Kami
%d blogger menyukai ini: