Karya : I Gede ardana, S.Pd.SD., M.Pd.

MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM

(QUANTUM TEACHING)

DENGAN  STRATEGI PEMBELAJARAN  TANDUR

ISBN : 978-623-6207-72-7

Penulis: I Gede Ardana, M.Pd.

Editor: Hati Nurahayu

Cover dan Layout : Tim LeKKas

Redaksi : Cileunyi, Kota Bandunng

Provinsi Jawa Barat

Penerbit: LeKKas

Tebal iv+105 Halaman, Ukuran 14.8 cm  X 21 cm

Cetakan Pertama, Maret 2023

Hak Cipta dilindungi Undang-Undang

    Anggota IKAPI

    Hak Cipta dilindungi undang-undang

Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit.

Buku ini dapat dimiliki dan pesan ke 081282180370

Quantum learning merupakan gabungan yang sangat seimbang antara bekerja dan bermain, antara rangsangan internal dan eksternal. Prinsip utama model quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar baik secara positif maupun negatif.      Model pembelajaran TANDUR adalah salah satu strategi dalam pembelajaran yang disajikan oleh pendidik untuk membantu mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajarnya. Model pembelajaran TANDUR adalah penerapan dari Quantum Teaching yang cocok untuk mata pelajaran apapun, dan apapun tingkat kelasnya.

   Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga Penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) DENGAN  STRATEGI PEMBELAJARAN  TANDUR

     Quantum learning merupakan gabungan yang sangat seimbang antara bekerja dan bermain, antara rangsangan internal dan eksternal. Prinsip utama model quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar baik secara positif maupun negatif.

      Model pembelajaran TANDUR adalah salah satu strategi dalam pembelajaran yang disajikan oleh pendidik untuk membantu mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajarnya. Model pembelajaran TANDUR adalah penerapan dari Quantum Teaching yang cocok untuk mata pelajaran apapun, dan apapun tingkat kelasnya.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan pada umumnya, dan pembaca pada khususnya.

                                                               Penulis   

DAFTAR ISI

PRAKATA – iii

DAFTAR ISI – iv

BAGIAN PERTAMA

PROSES BELAJAR MENGAJAR –

I. BELAJAR  -10

A. Pengertian Belajar -15

B. Memahami Aktivitas Belajar – 18

C. Mengenal Prestasi Belajar – 20

II. MENGAJAR  – 25

A. Pengertian Mengajar   – 26

B,  Memahami Aktivitas Mengajar  – 30

C. Menjadi Profesional dalam Mengajar – 34

D. Trik Mengajar yang Keren  -35

III. PROSES BELAJAR  MENGAJAR – 40

A. Pengertian Proses Belajar Mengajar – 41

B. Pembelajaran yang Efektif – 43

C. Beragam Odel Pembelajaran dalam Mengajar  – 48

IV. MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM  50

  1. Pengertian  Pembelajaran Quantum – 51
  2. Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Quantum  – 55
  3. TRIK Menggunakan Pembelajaran Quantum  – 60
  4. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Quantum – 70

V. STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR – 75

A. Pengertian Pembelajaran TANDUR  – 75

B. Tujuan dan Manfaat  Strategi Pembelajaran TANDUR … 80

C. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran TANDUR … 90

VI  PEMBELAJARAN MODEL  QUANTUM  DENGAN STRATEGI TANDUR  – 95

PENUTUP – 100

DAFTAR PUSTAKA   103

BIONARASI PENULIS  –  105

MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR

Tinggalkan Balasan

Hubungi Kami
%d blogger menyukai ini: