Karya : I Gede ardana, S.Pd.SD., M.Pd.
(QUANTUM TEACHING)
DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR
ISBN : 978-623-6207-72-7
Penulis: I Gede Ardana, M.Pd.
Editor: Hati Nurahayu
Cover dan Layout : Tim LeKKas
Redaksi : Cileunyi, Kota Bandunng
Provinsi Jawa Barat
Penerbit: LeKKas
Tebal iv+105 Halaman, Ukuran 14.8 cm X 21 cm
Cetakan Pertama, Maret 2023
Hak Cipta dilindungi Undang-Undang
Anggota IKAPI
Hak Cipta dilindungi undang-undang
Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit.
Buku ini dapat dimiliki dan pesan ke 081282180370
Quantum learning merupakan gabungan yang sangat seimbang antara bekerja dan bermain, antara rangsangan internal dan eksternal. Prinsip utama model quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar baik secara positif maupun negatif. Model pembelajaran TANDUR adalah salah satu strategi dalam pembelajaran yang disajikan oleh pendidik untuk membantu mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajarnya. Model pembelajaran TANDUR adalah penerapan dari Quantum Teaching yang cocok untuk mata pelajaran apapun, dan apapun tingkat kelasnya.
Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga Penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR
Quantum learning merupakan gabungan yang sangat seimbang antara bekerja dan bermain, antara rangsangan internal dan eksternal. Prinsip utama model quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar baik secara positif maupun negatif.
Model pembelajaran TANDUR adalah salah satu strategi dalam pembelajaran yang disajikan oleh pendidik untuk membantu mengatasi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajarnya. Model pembelajaran TANDUR adalah penerapan dari Quantum Teaching yang cocok untuk mata pelajaran apapun, dan apapun tingkat kelasnya.
Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan pada umumnya, dan pembaca pada khususnya.
Penulis
DAFTAR ISI
PRAKATA – iii
DAFTAR ISI – iv
BAGIAN PERTAMA
PROSES BELAJAR MENGAJAR –
I. BELAJAR -10
A. Pengertian Belajar -15
B. Memahami Aktivitas Belajar – 18
C. Mengenal Prestasi Belajar – 20
II. MENGAJAR – 25
A. Pengertian Mengajar – 26
B, Memahami Aktivitas Mengajar – 30
C. Menjadi Profesional dalam Mengajar – 34
D. Trik Mengajar yang Keren -35
III. PROSES BELAJAR MENGAJAR – 40
A. Pengertian Proses Belajar Mengajar – 41
B. Pembelajaran yang Efektif – 43
C. Beragam Odel Pembelajaran dalam Mengajar – 48
IV. MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM 50
- Pengertian Pembelajaran Quantum – 51
- Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Quantum – 55
- TRIK Menggunakan Pembelajaran Quantum – 60
- Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Quantum – 70
V. STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR – 75
A. Pengertian Pembelajaran TANDUR – 75
B. Tujuan dan Manfaat Strategi Pembelajaran TANDUR … 80
C. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran TANDUR … 90
VI PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM DENGAN STRATEGI TANDUR – 95
PENUTUP – 100
DAFTAR PUSTAKA – 103
BIONARASI PENULIS – 105