Tahap perkembangannya berada pada usia remaja yaitu usia antara 15 sampai 18 tahun sudah memiliki pilihan karir yang cukup jelas dibandingkan dengan anak-anak pada usia sebelumnya. Hal tersebut juga sejalan dengan SKKPD (Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik) pada jenjang SMK dan masuk pada aspek perkembangan wawasan dan kesiapan karir dengan capaian layanan mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni.

Serta memiliki internalisasi tujuan pada tahap pengenalan : mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarah, tahap akomodasi : Internalisasi nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan karir alternatif karir, serta pada tahap tindakan : mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang, dan ragam karir.

Remaja yang berada pada tahap ini menganggap penting peranan nilai-nilai pribadi dalam proses pilihan karirnya. Biasanya seorang remaja mulai melihat apa yang sesungguhnya penting bagi dirinya, salah satu tugas perkembangan yang harus dicapai oleh seorang remaja adalah mampu memilih dan mempersiapkan karir. Tugas perkembangan tersebut penting bagi remaja agar dapat merencanakan karir yang mampu menunjang masa depan.

PROSPEK KARIR SISWA

MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIR

ISBN : 978-623-6207-74-1

Penulis : Haris Firmanadi, S.Pd.

Editor: Hati Nurahayu

Layout: Kelik

Desain Cover: Tim LEkkas

Penerbit: LeKKas

Redaksi :

Cileunyi, Kota Bandung  Provimsi Jawa Barat

Cetakan Pertama, Maret 2022

Ukuran : 14.8 cm X 21 cm

Tebal : 100

Percetakan: A1 Finishing

Anggota IKAPI :

No. 351/JBA/2020

Hak Cipta dilindungi undang-undang

Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa izin tertulis dari penerbit.

DAFTAR ISI

BAB I PEMBUKA  – 5

  1. Latar Belakang – 5
  2. Tujuan Penulisan – 10
  3. Manfaat Penulisan – 11

BAB II  PROSES BELAJAR MENGAJAR …… 20

  1. Pengertian Mengajar … 20
  2. Pengertian Belajar … 24
  3. Tujuan Proses Pembelajaran … 28
  4. Beragam Strategi Proses Belajar Mengajar …. 30

BAB III KAJIAN TENTANG PEMINATAN DAN PROSPEK   KARIR – 45

  1. Pengertian Peminatan  … 45
  2. Tujuan dan Manfaat adanya Peminatan  … 48
  3.  Perngertian Prospek Karir … 52
  4.  Pembelajaran  menerapkan prospek karier …. 56

BAB  IV  IMPLEMENTASI DI KELAS  60

BAB V  KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PEMINATAN DAN PROSPEK  ….75

BAB V SIMPULAN ….95

PENUTUP … 96

DAFTAR PUSTAKA … 99

BIONARASI PENULIS  100

PROPEK KARIR SISWA MELALUI LAYANAN KARIR, Karya Haris Firmanadi, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Hubungi Kami
%d blogger menyukai ini: